Praktikum 8 Video Referensi

1. Tujuan
    Mahasiswa mampu mengumpulkan beberapa video animasi untuk digunakan sebagai referensi visual.
2. Alat

  • Browser (Chrome)
  • Search Engine (Google)

3. Bahan

  • Video

4. Dasar Teori
Animasi 3D merupakan penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi. Hal ini dilakukan dengan membuat frame yang mensimulasikan masing-masing gambar, difilmkan dengan kamera virtual, dan output-nya berupa video yang sudah di-rendering atau Realtime, jika tujuannya untuk membuat game. Animasi 3D biasanya ditampilkan dengan kecepatan lebih dari 24 frame per detik.
Konsep animasi 3D sendiri adalah sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan jantung dari game dan virtual reality, tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film.
5. Tugas Praktikum
Kumpulkan beberapa video referensi animasi logo yang dirasa tepat untuk komunitas di MMB. Dengan beberapa kriteria berikut :

  1. Jumlahnya minimal 3
  2. Dibuat oleh artis di bidangnya, makin profesional makin baik

6. Petunjuk Praktikum

  1. Kerjakan secara berkelompok. 1 kelas dibagi menjadi sejumlah komunitas di MMB.
  2. Laporan praktikum berisi laporan tertulis terkait hasil praktikum di masing-masing sesi praktikum.
  3. Laporan praktikum dikerjakan secara individu. Berisi hasil diskusi dan review oleh seluruh anggota tim baik terhadap video yang menjadi pilihan maupun yang tidak dipilih.

7. Hasil Praktikum

  • Hasil Diskusi

Dari sekian banyak video animasi yang kami lihat dan kami pilih terdapat 3 video animasi 3D yang membuat kami tertarik dan salah satunya ingin kami coba, Yaitu :
  • Video Pertama
Disini kami memilih animasi 3D ini dikarena memiliki effect serta menghasilkan 3D yang sangat menarik dan tentunya effect 3D kelihatan. Dan Animasi Ini yang nantinya kami buat.
  • Video Kedua

Untuk video 3D berikutnya kami memilih animasi ini dikarenakan memiliki effect blur serta gerakan getaran kamera yang membuat animsi 3D ini menarik.
  • Video Ketiga
Pada pilihan terakhir kami memutuskan untuk memilih video 3D ini dikarena effect yang ditampilkan sangat lah menarik dan simpel serta memiliki pencahayaan yang keren.
  • Video Keempat (Yang tidak kami pilih)
Nah untuk video animasi 3D ini sebenarnya memiliki effect yang menarik ditambah effect petir yang membuat animasi 3D menjadi keren. Akan tetapi dari animasi ini masih belum kelihatan dari 3D nya itu sendiri yang sehingga kami tidak memilih animasi ini.
  • Video Kelima (Yang tidak kami pilih)
Pada Video animasi 3D ini sudah memiliki kriteria yang kami pilih akan tetapi ada satu hal yang membuat kami tidak memilih yaitu plug in elemen 3D yang digunakan. Dimana plug in ini adalah plug in berbaayar serta memiliki lisensi. Itu lah alasan kami tidak memilih animasi 3D ini.
  • Review
Animasi ini Sangat keren dan memiliki effect yang menarik.

Animasi ini memiliki effect blur yang mana membuat animasi lebih terlihat nyata dan keren.

Animasi ini sangat keren di tambah lighting yang tempat sehingga teksture pada 3D ini terlihat gelap terang.

8. Kesimpulan
Dari pratikum kali ini dapat disimpulkan bahwa dari semua video animasi 3D memiliki kelebihan dan effect yang keren dan tentunya berbeda. disini kami sudah menentukan animasi 3D mana yang akan kami buat serta animasi 3D tersebut memiliki effect yang menurut kami sangat bagus dan menarik.
 
9. Referensi

  1. https://www.youtube.com/watch?v=pfwKAYRSc24&feature=youtu.be
  2. https://www.youtube.com/watch?v=d5xw7qeKpP8
  3. https://www.youtube.com/watch?v=lR4GHA5_J5Q&t=104s

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Animasi Slow In And Slow Out, Arcs, Dan Secondary Action

Animasi 2D Dengan menggunakan Prinsip Squash and Stretch Dan Anticipation