Praktikum 6 Membuat Animasi Logo Komunitas


     1.     Tujuan
     Menerapkan pengalaman praktikum sebelumnya pada masyarakat sekitar. Studi kasus komunitas-komunitas di MMB.

     2.     Alat
           1)    Adobe Illustrator CC 2017
           2)    Adobe After Effect CC 2017

     3.     Bahan
      Logo Komunitas Basket MMB

     4.     Dasar Teori
     Animasi 3D merupakan penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi. Animasi 3D merupakan jantung dari game dan virtual reality, tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film.

     Bumper adalah animasi pembuka atau penutup dalam sebuah program video yang merupakan animasi pendek yang menggambarkan identitas sebuah acara atau instansi. Dengan adanya bumper tersebut acara atau instansi tersebut akan mudah dipahami oleh pemirsa tanpa perlu penjelasan yang panjang lebar. Bumper dibagi menjadi 2 kategori. Bumper in yaitu signature untuk masuk ke segmen dalam program video. dan bumper out yaitu signature tanda segmen itu berakhir. atau lebih jelasnya dalam setap acara TV berlangsung selalu diselingi oleh beberapa iklan, jeda antara acara TV dan iklan itulah bumper muncul.Bumper adalah animasi pembuka atau penutup dalam sebuah program video yang merupakan animasi pendek yang menggambarkan identitas sebuah acara atau instansi. Dengan adanya bumper tersebut acara atau instansi tersebut akan mudah dipahami oleh pemirsa tanpa perlu penjelasan yang panjang lebar. Bumper dibagi menjadi 2 kategori. Bumper in yaitu signature untuk masuk ke segmen dalam program video. dan bumper out yaitu signature tanda segmen itu berakhir. atau lebih jelasnya dalam setap acara TV berlangsung selalu diselingi oleh beberapa iklan, jeda antara acara TV dan iklan itulah bumper muncul.


     5.     Tugas Praktikum
      Buatlah animasi logo untuk komunitas di MMB

      6.     Petunjuk Praktikum
1)    Gunakan pengalaman-pengalaman praktikum sebelumnya untuk mengerjakan praktikum ini.
2)    Kerjakan secara berkelompok. 1 kelas dibagi menjadi sejumlah komunitas di MMB.
3)    Masing-masing kelompok menentukan ketua. Ketua memiliki kewajiban yang sama dengan anggota. Ketua juga memiliki tugas tambahan untuk menentukan arah, membagi tugas, dan merekap progress.
4)    Waktu pengerjaan sebanyak 2 pertemuan yaitu pada minggu ke 6 dan ke 7.
5)    Laporan praktikum dikumpulkan di setiap akhir sesi praktikum. Berarti terdapat laporan prak 06 dan laporan prak 07.
6)    Laporan praktikum berisi laporan tertulis terkait hasil praktikum di masing-masing sesi praktikum.
7)    Laporan praktikum dikerjakan secara individu. Berisi progress atau hasil kerja dari masing-masing anggota tim.

       7.     Hasil praktikum
       Screen Shot tracing
      

       Hasil



       8.     Kesimpulan
       Pada praktikum ini kami masih dalam proses mentracing sebuah logo komunitas basket yang dimana logo tersebut harus kita ubah menjadi format AI supaya kita lebih mudah dalam proses penganimasikannya.

      9.     Referensi
      https://www.youtube.com/watch?v=C-buspwfbEk
      http://ijc.ilearning.co/index.php/TMJ/article/download/376/47/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Animasi Slow In And Slow Out, Arcs, Dan Secondary Action

Animasi 2D Dengan menggunakan Prinsip Squash and Stretch Dan Anticipation