Praktikum 4 | Logo 3D 360 (Camera Path, Lighting, dan Material)


Bagus Abdillah | 4103171040 | 2 MMB - B
1.     Judul
·       Camera Path, Lighting, dan Material
2.     Tujuan
·  Mahasiswa dapat menambahan elemen di cinema 4D yaitu, camera path menggunakan spinline, lighting menggunakan physical sky dan area light.
3.     Alat Dan Bahan
·       Adobe Illustrator CC 2019
·       Cinema 4D R15
4.     Dasar Teori
  Perbedaan Motion Guide Pada Flash dan Camera Path
 Motion guide pada adobe flash merupakan garis atau jalur pergerakan yang kita buat untuk menghubungkan posisi objek dari frame satu ke frame lainnya. Camera Path pada cinema 4D merupakan jalur kamera dimana kamera dapat mengarah ke objek walau sedang dalam perubahan posisi (bergerak).
      Perbedaan Physical Sky dan Area Light
            Physical sky merupakan elemen latar belakang pada cinema 4D dimana keadaan background yang menyerupai keadaan langit dapat disesuaikan dengan tanggal dan waktu. Area Light merupakan bagian pada cinema 4D yang digunakan untuk memberikan tambahan pencahayaan dan dapat disesuaikan intensitas beserta arah dari cahaya tersebut, sehingga cahaya dapat menerangi bagian objek yang diinginkan sesuai dengan tingkat pencahayaan yang ditentukan.
      Pengertian Material Beserta Contohnya. 
             Material biasanya ditambahkan pada akhir pembuatan animasi, bagian ini digunakan untuk menyempurnakan presentasi dari animasi yang telah dibuat. Terdapat beberapa elemen pada material yakni color, diffusion, luminance, transparency, environment, bump, fog, dll.

5.     Tugas Praktikum
Tambahkan!
1)    Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path.
2)    Lighting sederhana dan mudah menggunakan physical sky dan area light.
6.     Petunjuk Praktikum
1)    Pergerakan kamera menggunakan camera path, yang selanjutnya disebut spline.
2)    Menambahkan lighting menggunakan physical sky.
3)    Menambahkan lighting menggunakan Area light
4)    Menambahkan material
7.     Hasil Praktikum
Preview Screen Record
Camera Path

Material

Hasil Render
Camera Path

Material

8.     Kesimpulan
Pada praktikum kali ini saya mengalami kesulitan pada saat tampilan camera mulai bergerak sehingga saya sulit dalam menyesuaikan arc nya dikarenakan untuk menghasilkan sudut yang tepat dan sesuai.
9.     Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Animasi Slow In And Slow Out, Arcs, Dan Secondary Action

Animasi 2D Dengan menggunakan Prinsip Squash and Stretch Dan Anticipation