Praktikum 4 | Logo 3D 360 (Camera Path, Lighting, dan Material)
Bagus Abdillah | 4103171040 | 2 MMB - B
1. Judul
· Camera Path, Lighting, dan Material
2. Tujuan
· Mahasiswa dapat
menambahan elemen di cinema 4D yaitu, camera path menggunakan spinline,
lighting menggunakan physical sky dan area light.
3. Alat Dan Bahan
· Adobe Illustrator CC 2019
· Cinema 4D R15
4. Dasar Teori
Perbedaan Motion Guide Pada Flash dan Camera Path
Motion
guide pada adobe flash merupakan garis atau jalur pergerakan yang kita buat untuk
menghubungkan posisi objek dari frame satu ke frame lainnya. Camera Path pada
cinema 4D merupakan jalur kamera dimana kamera dapat mengarah ke objek walau
sedang dalam perubahan posisi (bergerak).
Perbedaan Physical Sky dan Area Light
Physical sky merupakan elemen latar belakang pada
cinema 4D dimana keadaan background yang menyerupai keadaan langit dapat
disesuaikan dengan tanggal dan waktu. Area Light merupakan bagian pada cinema
4D yang digunakan untuk memberikan tambahan pencahayaan dan dapat disesuaikan
intensitas beserta arah dari cahaya tersebut, sehingga cahaya dapat menerangi
bagian objek yang diinginkan sesuai dengan tingkat pencahayaan yang ditentukan.
Pengertian Material Beserta Contohnya.
Material biasanya ditambahkan pada akhir pembuatan
animasi, bagian ini digunakan untuk menyempurnakan presentasi dari animasi yang
telah dibuat. Terdapat beberapa elemen pada material yakni color, diffusion,
luminance, transparency, environment, bump, fog, dll.
5. Tugas Praktikum
Tambahkan!
1) Pergerakan kamera
menggunakan teknik camera path.
2) Lighting sederhana
dan mudah menggunakan physical sky dan area light.
6. Petunjuk Praktikum
1) Pergerakan kamera
menggunakan camera path, yang selanjutnya disebut spline.
2) Menambahkan lighting
menggunakan physical sky.
3) Menambahkan lighting
menggunakan Area light
4) Menambahkan material
7. Hasil Praktikum
Preview
Screen Record
Camera Path
Material
Hasil
Render
Camera Path
Material
8. Kesimpulan
Pada
praktikum kali ini saya mengalami kesulitan pada saat tampilan camera mulai
bergerak sehingga saya sulit dalam menyesuaikan arc nya dikarenakan untuk
menghasilkan sudut yang tepat dan sesuai.
9. Referensi
https://www.pluralsight.com/courses/logo-animation-cinema-4d-after-effects-1994
https://support.solidangle.com/display/AFMUG/Physical+Sky
https://support.solidangle.com/display/AFMUG/Physical+Sky
Komentar
Posting Komentar