Praktikum 2 | Opening Logo Netflix 3D
Bagus Abdillah | 4103171040 | Praktikum 2 - Opening Logo Netflix 3D
1. Judul
Membuat Opening Logo Netflix 3D
2. Tujuan
Mahasiswa dapat membuat animasi 3D
Mahasiswa dapat menerapkan long shadow pada 3D
3. Alat
Laptop, Adobe After Effect, dan Adobe Media Encoder
4. Bahan
Font Bebas Neue
5. Dasar Teori
Animasi 3D adalah Animasi yang memiliki ruang. Jika kita merujuk pada objek yang memiliki 3D,
artinya objek tersebut memiliki ruang dan volume. Objek 3D juga memiliki lokasi pada koordinat x, y dan z.
6. Tugas Praktikum
Membuat Shadow pada logo netflix
7. Hasil Praktikum
Preview Screen Recording
Hasil Render
8. Kesimpulan
Dari praktikum kali ini dapat disimpulkan bahwa pembuatan animasi 3D khusus nya pembuatan membutuhkan ketelitan dan kesabaran karena dalam mengatur setiap layer harus satu persatu.
Disini saya mengalami kesulitan dalam ngerender dikarenakan dalam pc yang saya gunakan terjadi masalah dalam media encoder kedua file yang dirender memiliki effect shadow yang berat sehingga dalam proses render agak lama.
9. Referensi
https://mafiadoc.com/queue/animasi-3-dimensi_5a2461511723dd51cf7d2ce3.html
https://www.youtube.com/watch?v=8rynWOnKNTM&t=324s
1. Judul
Membuat Opening Logo Netflix 3D
2. Tujuan
Mahasiswa dapat membuat animasi 3D
Mahasiswa dapat menerapkan long shadow pada 3D
3. Alat
Laptop, Adobe After Effect, dan Adobe Media Encoder
4. Bahan
Font Bebas Neue
5. Dasar Teori
Animasi 3D adalah Animasi yang memiliki ruang. Jika kita merujuk pada objek yang memiliki 3D,
artinya objek tersebut memiliki ruang dan volume. Objek 3D juga memiliki lokasi pada koordinat x, y dan z.
Pengertian Animasi 3 dimensi adalah suatu objek animasi yang
terdapat dalam ruang 3D. Objek animasi ini bisa berputar dan berpindah seperti
objek aslinya. Untuk pembuatan film dalam bentuk grafis 3D menggunakan komputer
biasanya dibagi menjadi 3 tahapan dasar:
·
Modeling
Tahapan pertama merupakan modeling 3D. Tahapan ini bisa dibagi
kembali menjadi 2 jenis:
Solid
Model solid mencirikan volume objek yang akan ditampilkan. Karena
model ini lebih terlihat asli, jadi dalam pembuatannya lebih sulit. Model solid
lebih sering dipakai untuk simulasi-simulasi medis, seperti CAD, aplikasi
visual ray tracking, dan juga kontruksi geometri solid.
Shell / Boundary
Modeil ini menggambarkan permukaan seperti batas objek, bukan
volumenya (seperti cangkang yang sangat tipis). Model ini lebih mudah
dikerjakan daripada model solid. Kebanyakan model visual ini lebih sering
digunakan dalam game atau juga film.
·
Animation
Ada beberapa teknik untuk membuat animasi :
Traditional Animation:
Proses yang digunakan untuk sebagian besar film animasi pada abad
ke-20. Setiap frame dari film animasi tradisional adalah foto dari gambar, yang
terlebih dahulu digambar di kertas. Untuk membuat ilusi gerakan, masing-masing
gambar dibuat sedikit berbeda dengan gambar yang sebelumnya.
Full Animation:
Jika melihat dari proses produksi sebuah film animasi tradisional
yang berkualitas tinggi. Semuanya diatur menggunakan gambar yang sangat detail
dan juga gerakan yang sesuai. Film animasi penuh dapat dibuat dengan berbagai
cara, dari animasi yang realistis hingga yang lebih mengarah ke kartun.
Limited Animation:
Memakai detail yang masih kurang rinci, gambar yang lumayan
stylist dan memakai metode perpindahan. Penggunaannya sudah menghasilkan
animasi dengan biaya efektif untuk media. Contohnya televise dan juga internet.
Rotoscoping:
Merupakan teknik dimana animator melacak gerakan live-action,
frame demi frame. Sumber film dapat secara langsung digandakan dari aktor ke
gambar animasi.
Live-action/animation:
Teknik ini menggabungkan karakter yang telah digambar menjadi
sebuah film animasi. Kemudian difilmkan kembali tapi dengan karakter manusia
asli serta backround nyata.
·
Rendering
Proses mengeneralisasi sebuah gambar dari sebuah model dengan
memberikan atribut objek seperti warna, tekstur permukaan dan kadar
transparansi dengan menggunakan program komputer.
6. Tugas Praktikum
Membuat Shadow pada logo netflix
7. Hasil Praktikum
Preview Screen Recording
8. Kesimpulan
Dari praktikum kali ini dapat disimpulkan bahwa pembuatan animasi 3D khusus nya pembuatan membutuhkan ketelitan dan kesabaran karena dalam mengatur setiap layer harus satu persatu.
Disini saya mengalami kesulitan dalam ngerender dikarenakan dalam pc yang saya gunakan terjadi masalah dalam media encoder kedua file yang dirender memiliki effect shadow yang berat sehingga dalam proses render agak lama.
9. Referensi
https://mafiadoc.com/queue/animasi-3-dimensi_5a2461511723dd51cf7d2ce3.html
https://www.youtube.com/watch?v=8rynWOnKNTM&t=324s
Komentar
Posting Komentar