Animasi Shape dan Animasi Typography (Kinetic typography)

Pada kesempatan kali ini saya tidak lagi menjelaskan prinsip animasi seperti blog saya sebelumnnya. Tenang kali ini saya akan menjelaskan jenis animasi, seperti animasi shape dan Typography (Kinetic typography).

Langsung saja yang pertama animasi shape. Animasi ini adalah perubahan bentuk dari suatu objek menjadi objek lain atau dari suatu objek menjadi teks dan sebaliknya dengan menggunakan Teknik Tweening. Animasi ini juga sering disebut efek Morph.

Tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru. Fungsi utama tweening adalah untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lainnya.
 
Disini saya sudah membuat dua benda yang awal nya bergerak secara terpisah kemudian bertabrakan dan berubah menjadi sebuah animasi typography. seperti gambar dibawah ini.


Sedangkan untuk animasi typography (Kinetic typographymerupakan salah satu bentuk dari temporal typography, yaitu teks yang bergerak dari waktu ke waktu, di samping serial presentation. Kinetic typography berbeda dengan serial presentation. Pada serial presentation, teks bersifat statis, tidak bergerak maupun berubah, namun menampilkan efek transisi seperti menghilang (fade) atau perubahan latar.

Untuk membedakan perubahan yang terjadi pada skala global dan skala lokal, kinetic typography dibagi menjadi dua kategori. Skala global yaitu perubahan yang terjadi pada keseluruhan layout, sedangkan skala lokal merupakan perubahan yang terjadi pada huruf individual yang menghasilkan transformasi bentuk huruf.

Kinetic typography dibagi menjadi dua jenis, yaitu: type in motion dan fluid typography. Jenis type in motion yang berupa teks yang berpindah atau bergerak dalam kesatuan utuh disebut dengan scrolling typography. Artinya, teks dapat bergerak melintasi layar ke kiri atau ke kanan, ke atas atau ke bawah, namun elemen teks berada dalam jarak yang tetap antara satu dengan yang lain. Sedangkan elemen teks yang berubah atau bergerak secara independen disebut dengan dynamic layout

Seperti pada video kali ini.
Nah itu tadi penjelasan sedikit tentang animasi shape dan animasi typography. sampai juga dan terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Animasi Slow In And Slow Out, Arcs, Dan Secondary Action

Animasi 2D Dengan menggunakan Prinsip Squash and Stretch Dan Anticipation