Animasi 2D Dengan Menggunakan Prinsip Staging, Straight Ahead and Pose to Pose, Dan Follow through and Overlapping Action

Kali ini saya akan menjelaskan prinsip animasi 2D, di blog saya sebelumnya saya sudah menjelaskan sedikit tentang apa sih animasi 2D dan prinsip animasi squash and stretch dan anticipation. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan prinsip - prinsip animasi yang berbeda dengan sebelumnya, yaitu Staging, Straight Ahead and Pose to Pose, Dan Follow through and Overlapping Action.

Yang pertama ada staging, Staging adalah tahaap pengaturan set adegan, dimana posisi kamera atau pose suatu karakter sehingga adegan tersebut menjadi mudah di mengerti oleh penonton. Staging yang baik akan dapat dengan jelas mengkomunikasikan pada penonton mengenai cerita yang ingin disampaikan dari adegan tertentu.

Pada contoh gambar staging pose karakter yang ada di atas, karakter sebelah kiri mempunyai sataging pose yang lebih baik dibandingkan staging pose sebelah kanan, dikarenakan taging pose sebelah kiri mempunyai siluet karakter yang mana lebih mudah di pahami dan dibaca. Disini saya sudah membuatkan contoh animasinya.

Yang kedua ada  Straight Ahead and Pose to Pose, Disini saya akan menejelaskan terlebih dahulu prinsip animasi Straight Ahead  yaitu membuat animasi dengan cara seorang animator menggambar satu per satu, frame by frame, dari awal sampai selesai seorang diri.

Selanjutnya, Pose to Pose, yaitu pembuatan animasi oleh seorang animator dengan cara menggambar hanya pada keyframe-keyframe tertentu saja.
 
Kemudian ada Follow through adalah tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak. Misalnya, rambut yang tetap bergerak sesaat setelah berhenti berlari.

Dan terakhir ada Overlapping Action adalah gerakan baju atau rambut yang bergerak akibat gerakan tersebut.Jadi animasi bukan sekedar asal bergerak, tetapi membuatnya hidup dengan hal-hal detail.

Diprinsip animasi Straight Ahead and Pose to Pose, Dan Follow through and Overlapping Action saya membuat satu animasi tetapi mempunyai dua prinsip tersebut. seperti animasi berikut ini.
Itu tadi penejalasan sedikit tentang prinsip animasi Staging, Straight Ahead and Pose to Pose, Dan Follow through and Overlapping Action. Di blog saya selanjutnya saya akan membagian prinsip animasi 2D yang berbeda. 
SEMOGA BERMANFAAT. : D 

 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Animasi Slow In And Slow Out, Arcs, Dan Secondary Action

Animasi 2D Dengan menggunakan Prinsip Squash and Stretch Dan Anticipation