Animasi 2D Dengan menggunakan Prinsip Squash and Stretch Dan Anticipation


Hallo Semua


Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang animasi 2D. Animasi 2D adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi.

Animasi 2D biasanya juga disebut dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Dan di film kartun itu kebanyakan flim yang lucu. Seperti Shincan, Tom and Jerry, Scooby doo, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Animasi memiliki 12 prinsip, kali ini saya akan membahas sedikit prinsip animasi Squash and Stretch, dan prinsip animasi Anticipation. Dimana prinsip animasi Squash and Stretch adalah prinsip yang menunjukkan kelenturan sebuah objek. Seperti bola yang ketika jatuh agak sedikit gepeng menunjukkan kelenturan bola tersebut. Atau ketika orang melompat dan jatuh, kakinya agak sedikit lentur. Berikut animasi 2D yang menunjukkan prinsip Squash and Stretch.



Sedangkan animasi yang menggunak prinsip Anticipation adalah prinsip yang menunjukkan sebuah gerakan pendahuluan atau gerakan persiapan, Seperti seseorang yang bangkit dari duduk harus membungkukkan badannya terlebih dahulu sebelum benar-benar berdiri. Pada gerakan melompat, seseorang yang tadinya berdiri harus ada gerakan ‘membungkuk’ terlebih dulu sebelum akhirnya melompat. Berikut animasi 2D prinsip Anticipation.


Itu tadi penjelasan singkat tentang animasi 2D yang menerapkan prinsip Squash and Stretch, dan prinsip animasi Anticipation. Sekian terima kasih.
Semoga bermanfaat. : )



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Animasi Slow In And Slow Out, Arcs, Dan Secondary Action